Saturday, January 2, 2016

Explore NTT- Kunjungi Kristal dalam GOA!

Me and friends-Road Way to Goa Kristal

Mari cari Kristal di sebuah goa. Sebuah tulisan dari instagram pencinta jalan-jalan alam, membuat aku ingin menemukan tempat dengan nama “Goa Kristal”. Entah kenapa masyarakat menamakannya seperti itu. Lihat sekilas dari beberapa foto tampat bahwa air dalam goa begitu jernih. Air payau, campuran air tawar dan laut menjadi subjek utama dalam goa tersebut. Tampak depan sangat biasa, begitu kau masuk semua berbeda. Air, batu, dengan seberkas sinar matahari. Jadi, kenapa dinamakan Goa Kristal? Mari tengok kesana dan pantang pulang sebelum dapat Kristal ya!


Pemandangan depan Goa Kristal
 
Salam hangat untuk tahun 2016! Sebuah tulisan pertama di awal tahun. Kali ini aku buat agak berbeda dengan menuliskan mengenai Nusa Tenggara Timur. Explore NTT aku pilih menjadi judul postingan. Biasanya “kawan baca” hanya melihat postingan mengenai motivasi, curahan hati, atau sekedar postingan sederhana. Kali ini, akan ada beberapa kilas sederhana mengenai wisata alam di Kupang. 
Tahun baru, resolusi baru. Bosan dengan wisata alam berbau pantai. Kini, mari tengok sebuah wisata alam yang memiliki banyak air dan berada ditempat yang tidak terlalu susah. Goa Kristal, bisa menjadi pilihan yang bagus. Jika anda berada di Kupang maka kunjungilah satu tempat tersebut. Setelah habis menikmati “Bukit Berbatu Fatuleu” (Explore NTT-Bukit Penuh Batu Fatuleu), maka tidak salah jika anda menikmati segarnya berenang di air payau Goa Kristal.

Goa Kristal terletak di daerah Bolok, Kupang. Jika berangkat dari kota  Kupang maka butuh sekitar 30 menit perjalanan motor untuk sampai kesana. Jangan khawatir akan kemacetan, karena perjalanannya lancar. Sebelum sampai kesana, kalian akan menikmati pemandangan pohon palem dengan hamparan laut biru yang luas. 

Jika baru pertama kali datang, anda tidak akan percaya bahwa itu adalah tempatnya. Beberapa penuturan teman lama mengatakan bahwa Goa Kristal memiliki kesan angker dan tidak cocok untuk tempat bermain. Namun, kemarin berbeda. Banyak tamu datang menggunakan mobil dari hotel ternama di Kupang. Suara air gemericik sudah terdengar dari mulut goa. Begitu masuk kedalam ternyata sudah banyak orang yang sedang menikmati berenang didalam air payau.  Disekeliling area Goa Kristal terdapat pembangunan rumah dan bisa dikatakan jauh dari kesan tempat wisata. Belum ada pemerintah setempat yang mengurus Goa Kristal. Tidak ada tiket masuk, tidak ada loket masuk, bahkan tanpa papan nama. 

Kondisi Goa Kristal seperti goa lainnya. Begitu berada di mulut goa, akan ada aroma pengap dari arah dalam. Untuk masuk kedalam, anda harus terbiasa dengan nuansa gelap kurang cahaya. Penerangan dari dalam goa hanya berdasar sinar matahari yang masuk kedalam goa. Dan saat tepat untuk masuk kedalam goa sekitar jam 11 siang sampai jam 12 siang. Jika datang terlalu pagi, matahari belum mengarah masuk kedalam. Saat matahari menuju atas kepala, itulah saat tepat untuk masuk kedalam goa. Sinar matahari sedikit demi sedikit akan memberi cahaya kedalam goa. Begitu lewat dari jam 12 maka matahari sudah mngarah ke belakang goa. Sedikit perjalanan menuruni batu-batu yang agak licin dan curam, namun masih dalam kategori aman. Tidak jauh dari mulut goa, maka anda akan menemukan pemandangan paling eksotis untuk wisata alam air payau di Kupang.

Goa Kristal, Aku, dan Air Payau
Seperti sebuah kolam renang didalam ruangan tertutup, namun bedanya ini alami. Jika membawa sebuah senter anda dapat melihat banyaknya bebatuan didasar sungai. Warna hijau dan biru menghiasi dasar air karena terdapat bebatuan dan lumut di bawah. Begitu cantik, dan berkilau dengan bantuan sinar matahari. Sehingga menyerupai Kristal dalam air. Itulah kenapa banyak orang menyebutnya “Goa Kristal”.

Beberapa saran untuk pendatang baru yang akan mengunjungi Goa :
  1. Jangan lupa membawa alat snorkling dan senter kedap air
  2. Gunakan pakaian siap basah, karena anda akan susah menemukan ruang ganti
  3. Kalau bisa gunakan alas kaki yang cocok untuk keadaan licin, berguna saat menuruni goa
  4. Untuk pencari spot foto terbaik, maka bawalah kamera dengan resolusi tinggi dan memiliki penerang dalam gelap. (AV)
Kesan-kesan :

Thanks banget buat mas Jos yang sudah mau antar kesana walaupun harus dipaksa terlebih dahulu, dan sempat mengira bakalan batal. Sudah sampai disana, awalnya pasrah dengan hasil foto. Tapi, berkat kerja keras teman paling kece seantero Kupang yang rela sampai minjam senter buat nerangin air payau biar keliatan, dan tetap ngga keliatan. Cuma usahanya itu loh, tidak bisa dianggap sepele! Hahaha. 
Terakhir, paling mentok satu hasil foto didapat sangat memuaskan hanya karena ada mas-mas asing pake kamera gede gaban dan pake flashlight didalam goa. Hasilnya.. taraaaa.. ada aku, goa, dan air kristal. Kami pun pulang setelah berhasil dapat kristal dari dalam air dan bisa dilihat dalam foto terakhir. Dan tau satu rahasia? Aku bahagia. Ternyata bahagia itu se.. der.. hana..

Asri Vitaloka
calon penulis, dan tetap masih calon. 

Instagram : asri_vitaloka

No comments:

Post a Comment